15 November 2017 14:16 wib

PRODI PPI FUSI UINSU GELAR SEMINAR SEHARI

 “PERANAN PEMUDA DAN MAHASISWA DALAM PEMBANGUNAN DESA”

 

 

Baru-baru ini (Sabtu 11 November 2107 ) di UIN SU.

Fakultas Usuluddin dan Studi Islam UINSU kembali Melakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Sabtu 11 November 2107)

Penandatangan yang berlangsung di Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN SU itu juga diselenggarakan “SeminarSehari” yang digagas oleh Prodi Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Prodi PPI FUSI UINSU) yang berjudul “ Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Pembangunan Desa” dengan Nara Sumber Kepala Dinas Ir. H. Asfan Sofyan Batubara, MM dan Dr. Sugeng Wanto, MA.

Dalam seminar tersebut Asfan Sofyan mengemukakan pentingnya peran serta pemuda dan seluruh masyarakat dalam membangun desa, apalagi kebijakan pemerintah saat ini pembangunan nasional dimulai dari desa, dengan membangun pedesaan dan yang harus diingat kita mayoritas berasal dari desa yang disambut dengan senyuman ratusan mahasiswa yang juga dominan berasal dari desa.

Sementara Dr. Sugeng Wanto, MA yang juga dikenal sebagai Da’i itu, mengemukakan perlunya pembangunan mental spritual dalam membangun desa sebab pemuda sebagai generasi yang akan datang, mengingatkan tanpa iman dan mentalitas kuat akan terjadi ketidakseimbangan dalam mengelola fisik pembangunan dan sangat penting membangun moral yang baik agar pembangunan tidak jatuh pada orang-orang yang bermenal buruk,  apalagi pemuda bakal menjadi pemimpin masa depan dalam membangun bangsa dan negara.

Di disela-sela acara seminar tersebut Drs. Muhammad Aswin, MAP sebagai pelaksana yang juga sebagai Ketua Prodi Pemikiran Politik Islam PPI-FUSI UIN SU sekaligus sebagai moderator pada acara Seminar tersebut, berharap Perjanjian Kerjasama dan Seminar ini dapat ditindak lanjuti lewat impelmentasi konkrit yang saling membantu dan memberi manfaat yang baik dan semakin luas bagi kedua lembaga khususnya bagi mahasiswa, dan ini sejalan sebagaimana harapan Dekan FUSI Prof.Dr. Katimin, M.Ag diaman dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kerjasama ini dimana kedepan nantinya banyak kegiatan-kegiatan yang bisa saling isi mengisi antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara dengan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam ini lewat peran serta pemuda mahasiswa, Ulama dan Umaro dalam membangun desa sehingga kita mampu membangun desa baik dari segi ruhaniah maupun dari fisik sarana-prasarananya sehingga menjadikan bangsa dan negara kita ini semakin maju.