12 Desember 2017 09:29 wib

MAHASISWA PRODI PEMIKIRAN POLITIK ISLAM FUSI-UIN SUMATERA UTARA LAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT.

 

Mahasiswa Prodi Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin dan studi Islam (FUSI) Universitas Islam Sumatera Utara (UIN-SU) baru-baru ini melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Perupuk Kec Lima Puluh Kab.Batubara, Pengabdian yang berlangsung sejak tanggal 24 November hingga 02 Desember  2017 melibatkan 25 orang mahasiswa PPI semester V.

Ketua Prodi PPI FUSI UIN SU, Drs. Muhammad Aswin, MAP mengemukakan bahwa pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa semester V FUSI, walaupun diwajibkan tidak hanya sekedar itu, pengabdian ini menjadi implementasi intraksi sosial mahasiswa dan masyarakat secara langsung dan menjadikan pengabdian sebagai laboratorim bagi mahasiswa dan masyarakat, sebab sebagai calon sarjana  diharap  para mahasiswa tidak cangung dalam mendarmabaktikan ilmu yang diperoleh dibaku kuliah, apalagi mahasiswa PPI dituntut menjadi ulama yang paham tentang politik dan politisi memegang teguh pedoman dan nilai-nilai islam, M. Aswin, MAP lebih lanjut mengatakan, mahasiswa harus lebih giat belajar dan melatih diri memahami lebih jauh kondisi masyarakat secara langsung.

Pengabdian masyarakat yang dikoordinatori oleh Hasan Basri dan Sekretaris Khaharuddin Yahya diisi berbagai program diantaranya,  mengadakan penyuluhan terhadap pemuda-pemuda setempat bagaimana pentingnya berorganisasi juga menyampaikan esensi politik islam dan demokrasi, mahasiswa juga melakukan penyuluhan keagamaan dengan metode kultum dan diskusi dimesjid-mesjid, praktek mengajar di sekolah-sekolah disekitar  Desa Perupuk, pembenahan menejemen mesjid Al-Falah dan gotong-royong di sekitar desa  sekaligus mengadakan berbagai perlombaan untuk anak-anak dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw, kegiatan yang diinisiasi mahasiswa prodi PPI itu bekerja sama dengan Remaja mesjid Al-Falah Desa  Perupuk juga diisi ceramah tentang Maulid oleh Al Ustad DR. H. Arifinsyah, M.Ag, selain itu mahasiswa wanita  juga melakukan praktek-praktek keterampilan hiasan-hiasan.

Yang sangat patut diapresiasi atas  kedatangan para mahasiswa melakukan pengabdian di Desa Perupuk terlihat dari sambutan  masyarakat pada acara kegiatan ramah tamah bersama masyarakat yang dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Anton Sarkawi, Kadus setempat  serta Anggota Legislatif  Batubara Bapak Fahmi termasuk para muda-mudi dan  remaja-remaja mesjid se Desa Perupuk

Demikian Ka.Prodi Muhammad Aswin.